Bangga Bersama Malas (BBM)

07.29 0 Comments



Yo wasssuppp, apa kabar neh kalian, gimana hari-harinya ? Gimana puasanya ? Hati ga kena hujan kan minggu ini ? Moga jangan deh, ga bisa makan coklat kalo puasa. Next aja ni ? Udah deadline jadi gua kudu buru-buru buat kelarin artikel ini, ya walaupun dalam beberapa hari terakhir nih author banyak kesibukan, bisa jadi faktor kan. Lah thor kan baru disahkan untuk tidak menjadi anak SMK lagi. Terus gua harus nganggur ? Malu sama sepatu dong, baru beli tapi masa ga dipake-pake haha ! Sekalian minta doanya ya, seminggu terakhir ini, gua baru ngikutin beberapa tes buat lanjut pendidikan jenjang berikutnya, semoga salah satu dari sekian banyak yang diikuti itu rezeki gua. Ga nyaman kalo malas-malasan terus di rumah. Huh ini artikel baru saja gua sunting ulang disisa 4 jam menuju deadline, tapi untung tadi udah nelpon mama biar bantu doain cepat kelar daripada jatah uang jajan gua minta lebih, kan mau mudik wkwkwk :v


Sorry para readers mungkin kebanyakan kata bijak nan motivasi dulu, nge-blank soalnya, lah kan yang nentuin tema gua, tapi gua tulis ulang aja biar diliat sibuk sama orang rumah sambil dengerin album Elvis Presley. Malas juga ya rasanya kalo libur tapi kerjaan ini itu numpuk, tapi sekalinya hari reguler, eh malah jadi bego sendiri kalo ga bikin apa-apa, sampe cicak saja bosan liatnya. Oke, pernah janjian sama seseorang untuk pergi bareng ? Pas udah kelar milah milih baju dan siap-siap, tapi eh ujung-ujungnya orang itu malah tidur, dan alhasil malah ga jadi, kalian tau itu ulah siapa ? Tau ga ? Gua sih tau itu ulah siapa ? Malas ah, iya malas, ya betul malas, ga salah emang malas, iya ngebahas tentang malas, ya walaupun nanti orang itu bakal mengalibi tidurnya dengan capek nunggu atau lupa, bukannya itu berarti ia malas memikirkan janji kalian kan ? haha. So, kemarin udah sepakat buat ngebahas malas kali ini.


Langsung aja semoga kalian ga malas bacanya, karena ada kejutan untuk readers yang baca tanpa break. Orang mana sih yang ga pernah ngalamin malas, setidaknya dalam sehari ada 60% manusia di bumi ini yang bermalasan kurang lebih 4 jam lamanya. Penyakit mental ini mulai berkembang tiap tahunnya terlebih lagi didukung banyaknya teknologi canggih dimana-mana, bayangkan saja jika tahun 2030 mendatang, budaya malas ini akan dianggap  suatu rasa yang positif. Ga kebayang bakal lihat mayat hidup dimana-mana, merugikan diri sendiri, hidup tanpa motivasi, mau jadi salah satu dari zombie lazy ? Malu ga tuh liat orang yang sukses karna rajin. Eittt gua ga malas ya, cuma minggu ini telat dikit karena ada kesibukan yang buat gua rajin dan wajib melalui itu. Kalau semangat kendor dikit ya boleh lah, tapi wajib dimaksimalin lagi. Sebenarnya penyebab malas apa sih ? Dari beberapa blog yang gua baca, gua dapat beberapa poin faktor pemicunya yaitu:
  1. Tidak mengerti arti kehidupan, fungsi, tujuan serta manfaat. Sebenarnya buat apa hidup, apa yang ingin dicapai itu tidak ada. Cita-cita ada namun tidak mau mengejarnya.
  2. Tidak pernah bersosialisasi, lah kan sebagai manusia kita wajib interaksi sebagai makhluk sosial.
  3. Kebiasan malas timbul disebabkan oleh persepsi negatif tentang masa depan. Bagaimana mau capai masa depan gemilang, mencoba saja tidak mau. Ya jadi kelar hidup lu.
  4. Banyak bicara, sedikit bekerja. Perhitungannya lebih diterapkan pada bicaranya daripada prakteknya.
  5. Mengkonsumsi makan berlebihan. Ini juga termasuk faktor yang paling sering, setelah makan kebanyakan jadinya kekenyangan dan mulai beralasan untuk menurunkan makanan yang ujung-ujungnya jadi malas dalam beberapa waktu.
  6. Banyak tidur, kebanyakan tidur membuat hati kita kotor, jiwa akan merasa malas, semangat pun hilang untuk memanfaatkan waktu yang lebih berkualitas.
  7. Menunda-nunda. Memikirkan hal lain yang sebenarnya tidak penting, malah akan membuat hal yang amat penting menjadi tak terpikirkan dan akan menimbulkan perasaan malas untuk melakukannya.

Bagaimana dengan “mager” ? Mager itu artinya malas gerak, istilah ini sering kita dengar dari para kalangan muda, ga ada beda dengan malas, artinya tetap sama kok. Hanya saja tambahan kata gerak membuatnya lebih terlihat seakan benar-benar tak melakukan kegiatan seharian/malas seharian, lebih menjijikan bukan ? Namun penggunaan mager dianggap lebih sesuai dan kekinian. Gua sendiri pernah khilaf menggunakannya. Ah jadi mager buat lanjut ke paragraf berikutnya.


Menjadi malas itu lebih mudah daripada jadi rajin, kenapa ? Karena rajin itu mahal, hanya orang-orang rajin yang bakalan sukses, dan yang malas siap-siap saja ditendang bila tetap tak mau berubah. Lalu bagaimana mengatasi malas, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti pada poin-poin berikut:
  •  Membuat tujuan dan biasakan untuk disiplin.
  • Selalu ingat tuhan, selalu menerima nasihat orang tua, rajin berdoa dan beribadah serta tetap menjaga semangat setiap saat.
  • Selalu bersosialisasi, menyadari pentingnya waktu dan gunakan waktu untuk hal yang bermanfaat.
  • Menghirup udara segar, mulai mengkonsumsi makanan sehat dan perbanyaklah minum air putih.
  • Apabila mulai merasa ngantuk, segeralah untuk membasuh muka, bila perlu mandi sekalian.
Nah itu tadi bahasan tentang malas, lain kali kita bahas tentang rajin ya, eh tapi jadi malas buat nulis tentang rajin, kan gua udah di-endorse sama si malas.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: